Health

Home » » Daun Ganja

Daun Ganja


MARIJUANA / GANJA / GELE Ganja adalah tanaman sejenis cannabis sativa yang mengandung senyawa tetrahydrocannabinol terutama pada trikoma, bunga, pucuk muda, dan daunnya.
Pemakaian ganja sebagian besar dengan cara dibakar lalu dihisap asapnya atau dengan cara dicampur dengan rokok, walaupun ada juga yang diseduh seperti teh dan diminum. Masyarakat Aceh, Medan, dan Padang terkenal menggunakan sedikit ganja untuk bumbu tambahan pada masakan khas mereka.Walaupun penyalahgunaan ganja tidak menyebabkan ketagihan secara signifikan akan tetapi ganja merupakan pintu gerbang menuju pemakaian narkoba lain yang jauh lebih berbahaya.

 Efek yang ditimbulkan dari ganja antara lain:

 1. pikiran yang menjadi lamban
 2. mudah untuk tertawa
 3. penglihatan yang fokus dan pendengaran yang terngiang
 4. susah untuk konsentrasi
 5. mata yang berwarna merah
 6. nafsu makan yang berlebihan

Efek pemakaian jangka panjang dari ganja menyebabkan banyak kehilangannya memori jangka panjang atau kerusakan pada otak di bagian hippocampus dan juga melemahnya daya tangkap otak untuk belajar. Walaupun demikian serat yg dihasilkan dari tumbuhan ganja ini yang disebut dengan hemp, merupakan bahan baku yang sangat berguna dan sangat bersahabat dengan lingkungan serta kelak akan menggantikan bahan baku petrolium.

 Penggunaan hemp sebagai bahan baku meliputi produksi keperluan barang sehari-hari seperti kertas, tekstil, bio-plastik, bahan bakar, tali tambang, dan berbagai makanan bergizi tinggi.

 Proses pembuatan kertas dari bahan baku hemp juga jauh lebih bersahabat dengan lingkungan ketimbang yang dibuat dari tumbuhan lain (contoh: kayu pinus) karena tidak diperlukannnya pemutih (bleaching) dan bahan beracun lainnya seperti halnya pada proses pembuatan kertas yang dihasilkan dari kayu pinus.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts